- Pendahuluan
- Latar Belakang
Perkembangan busana dari masa ke masa terbilang pesat. Sudah terbukti bahwa manusia menyukai busana. Hal itulah yang secara tidak langsung menuntut perkembangan busana disetiap masanya. Busana tidak lagi sebatas sebagai pelindung tubuh akan tetapi busana kini menjadi sebuah identitas diri, suatu gaya hidup yang diterima oleh masyarkat umum.
Perkembangan fesyen berjalan selaras dengan kemajuan teknologi. Teknologi memperlancar masuknya arus informasi seputar trend fesyen dunia, begitu pula dalam busana muslim.
Selain perkembangan fesyen yang berasifat kebarat – baratan, busana muslim juga ikut bertransformasi dengan tampil semakin gaya dan up to date. Kini, busana muslim tampil sangat gaya, selain dari sisi cutting & detail ada berbagai permainan aksen lainnnya yang membuat busana muslim ini banyak dilirik oleh kaum hawa.
- Prospek Pasar
Untuk Negara beriklim tropis seperti Indonesia, material kaos dan bahan katun yang sangat nyaman memang pilihan paling rasional untuk dipakai oleh masyarkat Indonesia khususnya kaum wanita,. Tak heran jika animo masyarakat terhadap kaos dan pakaian berbahan katun sangat tinggi. Pasar kaum muslimah Indonesia yang begitu besar membuat bisnis kaos muslimah berprospek cerah namun membutuhkan strategi yang tepat, inovasi dan kreativitas yang tiada henti.
- Manfaat Ekonomi
Dengan mulai diproduksinya baju muslim “Mix N Match” ini diharapkan nantinya akan lebih banyak orang yang dapat dirangkul untuk bekerja baik sebagai bagian produksi, desain, pemasaran maupun sebagai agen di seluruh kota di Indonesia sehingga membantu menambah penghasilan keluarga.
- Manfaat Sosial
Mengolah material kaos membutuhkan kejelian dan keterampilan tersendiri agar kaos bias diterima sebagai baju muslim yang tidak “mencetak” tubuh. Dengan diproduksinya kaos muslimah Mix N Match ini diharapkan akan tercipta baju muslim yang nyaman dipakai, fashionable, menutup sesuai syariat mengikut trend mode tanpa meninggalkan prinsip – prinsip dasar menutup aurat. Bagi para pelaku usaha, kondisi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana daya beli masyarakat di sekitar sehingga bisa memunculkan permintaan dari beberapa penawaran yang dilakukan oleh perusahaan.
- Gambaran Umum Potensi Usaha
Kalau kita mencermati secara lebih mendetail mengenai kondisi perekonomian negara yang kurang stabil, maka apabila kita memposisikan diri sebagai pelaku usaha, maka yang akan telintas pertama kali di benak kita adalah mengenai bagaimana menciptakan sebuah unit usaha bisnis yang prospektif dan menguntungkan dalam jangka pendek dan jangka panjang sebagai tempat untuk melakukan investasi. Pemikiran yang kedua adalah dengan modal yang pas – pasan, produk apa yang akan kita produksi sehingga memunculkan permintaan pasar dan dapat memberikan keuntungan bagi kita. Kiranya pemikiran tersebut pantas muncul ketika kita semua terhimpit pada kondisi ekonomi yang sulit.
Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan analisis mengenai hal – hal yang potensial untuk melakukan usaha agar mampu memberikan manfaat ekonomi bagi kita. Dengan mengetahui bahwa di Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam yang mempunyai Umat Islam terbanyak salah satu bentuk peluang usaha bisnis yang bisa dijalankan adalah dengan mendirikan toko busana Muslimah.
- Aspek Umum dan Organisasi
2.1 Nama Unit Usaha
Unit usaha ini diberi nama Priyanka Busana bergerak dalam usaha dagang penjualan busana muslim dengan kualitas yang baik yang berasal dari produk dalam negeri sendiri
Nama Organisasi : “Priyanka Busana”
Jenis Organisasi : Perusahaan Dagang
Pemilik : Danang Ronggo Sasmito
Alamat : Jl. A. Yani km. 2.5
No. Telp. : 0511-7231970 / 085252975828
2.2 Legalitas Usaha
Dari segi legalitas usaha, unit usaha ini beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari karena unit usaha ini skalanya adalah bukan hanya dalam negeri tapi juga ekspor ke luar negeri. Beberapa dokumen hukum yang dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah :
- Badan Hukum
Untuk usaha ini yaitu berupa PD (Perusahaan Dagang) Karena usaha yang kami lakukan sifatnya merupakan usaha bersama dengan modal bersama dan keuntungan dibagi bersama berdasarkan besarnya investasi dari masing masing pemodal, dimana seluruh aktivitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab bersama.
Selain itu, badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, badan hukumnya merupakan subyek hukum dan kekayaan yang terpisah (modal ).
b. Tanda daftar perusahaan dan Surat ijin usaha
Usaha toko buah impor memiliki ujin usaha dari dinas perindustrian dan perdagangan dan sudah terdaftar sebagai pelaku usaha penjualan komoditas buah impor. Sesuai dengan UUno. 3/1982 ttg Wajib Daftar Perusahaan, Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.
- NPWP
Sebagai unit bisnis, kami juga mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha kami ke Departemen Perpajakan setempat. NPWP merupakan nomer yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
- Ijin Domisili dan IMB
Karena unit usaha toko busana muslim ini akan didirikan di atas sebidang tanah demi kelancaran usaha maka kami selaku pengusaha juga melakukan perijinan. Selain itu juga kami melakukan perijinan kepada pemerintah daerah setempat untuk ijin domisili, karena nantinya selaha berlangsung beberapa karyawan kami akan ada yang tinggal dan menetap di tempat tersebut.
- Bukti Diri
Unit usaha kami juga mempunyai bukti diri mengenai kepemilikan usaha dan keterangan lain yang berhubungan dengan toko busana muslimah.
2.3 Organisasi
Struktur Organisasi
Uraian Tugas :
- Direktur : Mengawasi, memgontrol & mengevaluasi kegiatan tiap-tiap divisi.
- Perencanaan : Mrencanakan, mendesain, membuat pola busana yang akan diproduksi
- Divisi Produksi : Merealisasi & mengontrol kegiatan produksi, meyortir busana yang tidak sesuai dengan mutu yang telah ditetapkan.
- Divisi Marketing : Membuat & menentukan strategi pasar mencari peluang untuk memasarkan produk.
- Aspek Produksi
- Produk
Produk yang dihasilkan adalah busana muslim berbahan kaos, kaos kombinasi katun, dan bahan lain yang nyaman dipakai. Titik berat busana muslim ini terletak cutting pada modelnya yang casural, nyaman dan dapat dipadu padankan dengan busana yang lain sehingga terlihat trendy tanpa meninggalkan kaidah-kaidah Islam dalam berpakaian.
- Proses Produksi
Skema Alur Proses produksi
Desain Gambar
Pola
Cutting
Jahit
1 Sampel Busana
Tidak Ya
Produksi
- Biaya – biaya
- Biaya Bahan Baku & Bahan Pembantu
Bahan baku utama & bahan pembantu yang diperlukan sesuai dengan rencana produksi 1 tahun:
- NoBahan Baku & PembantuJumlahHarga (Rp)Total (Rp)12345Bahan KaosKain katunBahan baku kain lainBenangRenda
10.000 m10.000 m500 m200 m300 m
10.000 / m13.000 / m15.000 / m500 / bj1000 / m
100.000.000130.000.0007.500.000100.000300.000
Total237.900.000
- Mesin & Peralatan
- Nama Mesin & PeralatanMerkJumlahHarga (Rp)Total (Rp)Mesin JahitMesin ObrasMesin NeciDinamo Listrik
SingerSingerSingerSinger5 Unit2 Unit1 Unit8 Unit2.000.0001.500.0001.500.000500.00010.000.0003.000.0001.500.00040.000.000Total54.500.000
- Tenaga Kerja langsung
- Jenis KegiatanJlh Tenaga KerjaGaji/ BulanTotal / tahunPola & CuttingJahitDistribusi/ PemasaranTenaga lain-lain
4 Orang6 Orang2 Orang2 Orang
Rp 1.000.000,-Rp 1.250.000,-Rp 1.250.000,-Rp 800.000,-
Rp 48.000.000,-Rp 190.000.000,-Rp 30.000.000,-Rp 19.200.000,-
TotalRp 287.200.000,-
- Biaya Umum Pabrik
Biaya untuk menunjukkan kegiatan produksi :
- Jenis Biaya Umum PabrikTotal (Rp)Pemeliharaan Mesin & peralatanSuku Cadang, Bahan BakarListrik, air, telpon, dllPemeliharaan Bangunan
1.000.0001.000.0002.000.0001.000.000Total5.000.000
- Aspek Pemasaran
- Gambaran Umum Pasar
Jenis produk yang dipasarkan adalah Garmen / busana muslim berupa Kebaya / Gamis, tunik, stelan 2 Pieces atau 3 pieces dengan bahan dasar berupa kaos & katun.
- Wilayah Pemasaran
Mencakup seluruh Indonesia terutama kota – kota besar di Indonesia, Malaysia & Brunei Darussalam.
- Sasaran Pembeli (konsumen)
Adalah remaja putri & ibu muda usia 15 tahun s/d 50 tahun dari kelas ekonomi meenngah ke atas. Jumlah konsumen diperkirakan minimal 2 juta orang / tahundengan jumlah kebutuhannya minimal 5 potong/ orang/ tahun sehingga total kebutuhan pertahun mencapai lebih dari 10 juta potong/ tahun.
- Proyeksi Permintaan Selama 5 tahun mendatang
Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan busana muslim semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terutama umat muslim akan pentingnya menutup aurat. Terlebih dengan ditunjang oleh beragam cara yang mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan busana muslim tersebut.
- TahunProyeksi Permintaan (Unit)201020112012201320142 Juta Potong5 Juta Potong7 Juta Potong10 Juta Potong15 Juta potong
- Penawaran / Pesaing
Jumlah produk sejenis di pasar
- Nama perusahaanKapasitas Produksi (Unit ) / tahunPerusahaan APerusahaan BPerusahaan CPerusahaan D400.000350.000200.000300.000Total Penawaran/Tahun
1.250.000
- Strategi Pemasaran Pesaing
Produk yang dihasilkan oleh pesaing adalah jenis busana muslim berbahan full kaos dengan model Gamis/ abaya panjang, baju kaos panjang & tunik. Bahan yang digunakan lebih tipis sehingga harganya lebih murah (Rp 80.000,- s/d Rp 150.000,).
Ada pula sebagian pesaing memproduksi busana muslim yang terkesan “berat” dengan detail penuh manik-manik (beads) & bahan yang terkesan lebih memprioritaskan unsur estetis sehingga harga jauh lebih mahal (Rp 500.000,- – Rp 1.500.000,-). Jalur penjualan mereka melalui pembukaan outlet – outlet di Mall & melalui internet. Sedangkan promosi dilakukan dengan memasang iklan di majalah-majalah.
- Produk & Strategi Pemasaran Perusahaan
Busana muslim Mix n Match berbahan kaos kombinasi katun yang nyaman dipakai,chic, dan kasual. Aspek pemakaian bahan dan cutting menjadi focus perhatian. Setiap model yang diproduksi terbatas sehingga konsumen merasa lebih ekslusif dan setiap bulan akan muncul 5-10 desain busana muslim baru. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai Rp 200.000,- s/d Rp 500.000,- per potong dan busana yang diproduksi sesuai dengan nama dan bahan yang digunakan bias dipadu padankan dengan pakaian lain.
Jalur penjualan di samping membuka outlet – outlet di beberapa kota besar di Indonesia juga melalui internet dan majalah dengan sistem agen. Tipa-tiap agen akan mendapat potongan harga sampai dengan 35% tergantung jumlah pesanan ditambah keringanan ongkos kirim untuk pembelian produk dengan nilai di atas Rp 10.000.000,- mampu melakukan penawaran yang inovatif untuk menarik pasar.
- Analisis Kelayakan Pemasaran
Dalam melakukan analisis Permintaan, kami menggunakan model
matrik pembobotan berskala 1 – 5. Keterangan :
- Sangat lemah: 1Lemah: 2Sedang: 3Kuat: 4Sangat kuat: 5
No | Item yang dinilai | | Kriteria Penilaian | | ||
| | | | | | |
| | Sangat | Lemah | Sedang | Kuat | Sangat |
| | Lemah | | | | Kuat |
| | | | | | |
1 | SDM | | | | √ | |
2 | Pesaing | | | | √ | |
3 | Konsumen | | | | | √ |
4 | Teknologi | | | | | √ |
5 | Mode/Trend | | | | √ | |
6 | Armada Pemasaran | | | | √ | |
7 | Harga | | | | √ | |
8 | Promosi | | | | √ | |
9 | Distribusi | | | √ | | |
10 | Produk dan Lini Produk | | √ | | | |
11 | Mutu Produk | | | | | √ |
12 | Peraturan Pemerintah | | | √ | | |
13 | Lingkungan Bisnis | | | √ | | |
14 | Ketersediaan Bhn Baku | | | √ | | |
15 | Rencana Pemasaran | | | | √ | |
16 | Penyimpanan Produk | | | | √ | |
17 | Margin Laba | | | | √ | |
18 | Ketersediaan Modal | | | √ | | |
19 | Pangsa Pasar | | | √ | | |
20 | Manajemen Pemasaran | | | | √ | |
| | | | | | |
Total Bobot | 0 | 2 | 18 | 40 | 15 | |
| | | | | | |
Interval = Nilai tertinggi dari interval – Nilai terendah dari interval Jumlah Kelas
= 5 – 1 | |
5 | |
= 0,8 | |
1,00 – 1,80 | = Sangat tidak layak |
1,81 – 2,60 | = Tidak layak |
2,61 – 3,40 | = Sedang |
3,41 – 4,20 | = Layak |
4,21 – 5,00 | = Sangat layak |
Untuk mengetahui layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat dicari dengan rumus ;
Kelayakan usaha = Tatal bobot
Jumlah item yang dinilai = 75/20 = 3,75
Berdasarkan hasil yang diperoleh sebesar 3,75 maka usaha toko buah impor dari sisi pemasaran dikatakan layak karena masuk pada range 3,41 – 4,20.
- Analisis Persaingan
Untuk melakukan analisis terhadap kondisi persaingan pada usaha toko busana muslim, maka kami menggunakan analisis Matrik Persaingan, yaitu dengan cara :
- Membandingkan usaha satu dengan usaha lain yang sejenis pada factor persaingannya, semakin bagus maka semakin tinggi skornya. Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5 .
- Dengan membandingkan tingkat kepentingan dari masing – masing factor. Semakin penting, maka skornya semakin tinggi. Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5 .
Tabel Matrik Analisis Tingkat Persaingan
- FaktorPasar
Toko / kios Busana Muslim
Swalayan
Priyanka
Persaingan
ABA.BAB
A.BAB
A.BAB
A.B
Harga23623
643
1245
20
Kualitas32633
945
2045
20
Promosi22434
1245
2045
20
Jasa khusus22433
944
1655
25
Pelayanan23634
1244
1655
25
Suasana12232
654
2055
25
Lokasi22443
1245
2044
16
Kekuatan
32
66
124
151
Relatif
Berdasarkan pada table matrik analisis tingkat persaingan, maka dapat disimpulkan bahwa usaha Priyanka menduduki pada perigkat teratas untuk kekuatan kompetitifnya, sedangkan pesaing yang paling besar adalah swalayan. Kelemahan dari Priyanka terletak pada Lokasi Toko yang kurang menguntungkan dibandingkan dengan lokasi dari swalayan. Oleh karena itu harus ada pembenahan dan evaluasi terhadap lokasi Priyanka agar nantinya mudah dijangkau oleh konsumen.
- Program Pemasaran
- Tingkat pelayanan
Dalam memasarkan busana muslim kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan pemesanan, delivery, dan kualitas.
- Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
- Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi di media masa cetak, leaflet dan spanduk, serta siaran di beberapa stasiun rasio lokal, maupun sebagai sponsor kegiatan masyarakat ataupun instansi pemerintah/swasta.
- Kegiatan Distribusi
Untuk kegiatan distribusi, kami menggunakan armada distribusi sendiri.
.
- ASPEK TEKNIS DAN OPERASI
- Rencana Pengembangan
- Evaluasi lokasi
Lokasi yang akan kami pilih untuk mendirikan bangunan sebagai tempat usaha Toko Busana Muslim adalah di Jalan A. Yani Km 2 Banjarmasin.
- Sarana dan prasarana
- Sarana yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah dengan menmanfatkan : AC, Toilet, Meja Kursi, Ruang Ganti, Tempat parkir, kendaraan,dll
- Sedangkan untuk prasarananya kami menggunakan gedung seluas 1500 m2 untuk toko.
- Tenaga ahli dan tenaga biasa
Tenaga ahli yang kami pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha toko kami adalah tenaga ahli pemasaran, keuangn, produksi dan sdm serta teknisi sarana dan prasarana pendukung usaha. Sedangkan untuk tenaga biasa yang kami gunakan adalah wiraniaga, tenaga srabutan / kurir dan bagian cleaning service.
- Bahan – bahan utama
Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan usaha toko buah antara lain : berbagai macam kain dengan kualitas yang baik dan berkualitas.
- Bangunan dan tata letak bangunan
Berkaitan dengan bangunan dan tata letak bangunan, toko busana muslim akan didirikan di atas tanah seluah 1500 m2 dimana luas tanah untuk mendirikan bangunan toko 500 m2, dan 1000m2 untuk tempat parkir. Untuk luas bangunan toko adalah 700 dengan dua lantai. Bentuk bangunan berupa ruangan berlantai 2. Tata letak bangunan antara lain bangunan utama sebagai tempat berjualan, tempat parkir, toko, loby, ruang informasi dan penitipan, toilet.
- Jadwal pelaksanaan
Usaha toko busana muslim akan mulai didirikan pada tanggal 1 Juni 2011 sampai tanggal 10 Desember 2011 untuk kegiatan pembangunan gedung, dan kegiatan operasional penjualan mulai lounching dan diperkenalkan ke masyarakat mulai tanggal 01 Januari 2012.
- Perkiraan biaya teknis dan operasi
Biaya teknis dan operasional diperkirakan mencapai Rp 100.000.000,-
- Rencana Pengoperasian Usaha
- Proses operasi usaha
Prose operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
- Kebutuhan bahan operasi
Kebutuhan bahan operasi Toko Busana Muslim dikelola oleh masing masing departemen dan nantinya dikoordinasikan dengan pimpinan mengenai kebutuhn bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk dan kegiatan pemasaran.
- Kegiatan perawatan mesin
Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli sesuai dengan yang diperlukan. Misalnya perawatan Mesin, perawatan kendaraan, perawatan AC. Perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami
- ASPEK KEUANGAN
- Kebutuhan Dana Investasi
- Investasi harga tetap
Investasi ini mencapai Rp 10.400.000,-
- Biaya pra operasi
Biaya pra operasi mencapai Rp 384.600.000,- yang digunakan untuk proses pembelian tanah dan mendirikan bangunan.
- Modal kerja
Modal kerja digunakan untuk membiayai seluruh aktiva lancar yang mencapai Rp 205.000.000,-
Total kebutuhan dana Investasi = Rp 1 M
- Rencana Pembelanjaan dan Sumber Dana
- Modal sendiri
Modal sendiri Rp 900.600.000,-
- Pinjaman bank
Pinjaman dari bank Rp 489.000.000,-
- Rencana Kebutuhan Dana
- Aktiva Tetap
- Tanah 1000m2Rp 250.000.000Bangunan, 700 m2Rp 400.000.000Mesin Jahit , 50 buahRp 120.000.000Sofa, 5 setRp7.000.000Troli, 20 buahRp10.000.000Bahan BakuRp2.000.00.000printing, 3 buahRp1.000.000Komputer dan Mesin lain , 4 buah Rp12.000.000Mobil operasional 1 buahRp60.000.000Motor 2 buahRp24.000.000 +
Jumlah Aktiva Tetap
Rp 884.600.000
- b.Aktiva Lancar
KasRp 155.000.000
DepositoRp 150.000.000
Jumlah Aktiva Lancar
Rp 305.000.000
Total Aktiva
Rp 1.189.600.000
- Proyeksi Keuangan
a. Proyeksi pendapatan
- Pendapatan per hariRp15.000.000Pendapatan per bulanRp420.000.000Pendapatan per tahun
RP 5.040.000.000b. Proyeksi biaya per tahun
Pengadaan buahRp 1.860.000.000Gaji karyawan
-
-1PimpinanRp24.000.000
-4ManajerRp86.000.000
-1Kabag. PelayananRp13.200.000
-10 Pelayan tokoRp108.000.000
-1Kabag. PergudanganRp12.000.000
-2Karyawan gudangRp21.600.000
-3DriverRp25.200.000
-2Clining ServiceRp14.000.000
-2SatpamRp24.000.000
-2Petugas parkirRp13.200.000
-2Tenaga srabutanRp12.000.000
Jumlah gaji karyawanRp353.200.000Biaya listrikRp12.000.000PBB
Rp2.400.000PPn
Rp504.000.000Biaya Telp.Rp4.000.000
- Perlengkapan kebersihanRp1.000.000Dep bangunan gedung 20thRP32.000.000 Dep Komp/Machin Teller 2thRP1.000.000Dep kendaraan 5thRp16.000.000Dep sofa 2thRp3.500.000Dep produksi 3thRp40.000.000Dep troli 5thRp2.000.000Dep Printing 2thRp500.000Dep Dyefing 1thRp1.000.000
Jumlah Biaya
Rp 3.185.800.000
- Proyeksi rugi / laba
Perhitungan laba /rugi yaitu dengan menghitung selisih dari pendapatan dengan pengeluaran.
Laba/Rugi = Pendapatan – Pengeluaran
- Rp 5.040.000.000 – Rp 3.185.800.000
- Rp1.854.200.000
Dengan demikian laba yang diperoleh per tahun dalam penjualan buah adalah sebesar Rp 1.854.200.000
- Proyeksi kemampuan pelunasan hutang
Hutang dilunasi dalam jangka waktu 10 tahun dengan bungan 12 % per tahun.
- Perhitungan kelayakan usaha
1. Dengan metode Payback Periode
Payback Period = Investasi x 1 tahun
Arus Cash Inflow
Arus Cash Flow = EAT + Depresiasi
Aktiva tetap Rp 884.600.000
Depresiasi = Rp 96.000.000 per tahn
= diperoleh dari total depresi
Beban Depresiasi
Keuntungan bersih per tahun = Omset per tahun – biaya
operasional
- Rp 5.040.000.000 – Rp 3.185.800.000 = Rp 1.854.200.000
- Hari kerja per tahun diasumsikan 336 hari
- Misalkan usaha tersebut setelah dikurangi pajak 15 % adalah EAT= 30 %xRp1.854.200.000
EAT= Rp 1.297.940.000
- Dengan Rate of Return
Yaitu dengan membandingkan Rata – rata EAT dengan Rata- rata Investasi
Misalkan pendapatan per tahun adalah sebagai berikut ;
- Tahun
Pendapatan (Rp)
1Rp 1.297.940.0002Rp 1.280.000.0003Rp 1.240.000.0004Rp 1.255.000.0005Rp 1.000.000.0006Rp 1.268.000.0007Rp 1.220.000.0008Rp 1.100.000.0009Rp900.000.00010Rp950.000.000
TotalRp 11.500.940.000
Rata – rata EAT = Rp 1.150.094.000
Rata – rata Investasi Rp 1.189.600.000/2 =Rp 594.800.000 ARR = 1.150.094.000
594.800.000 = 193,3581%
3. Dengan Net Present Value ( NPV )
- EAT + DepresiasiDiskonFaktorPV
20%
Rp 1.393.940.0000,8333
Rp 1.161,570.202Rp 1.376.000.0000,6944
Rp955.494.400Rp 1.336.000.0000,5787
Rp773.143.200Rp 1.351.000.0000,4822
Rp651.452.200Rp 1.090.000.0000,4018
Rp437.962.000Rp 1.358.000.0000,3348
Rp454.658.400Rp 1.310.000.0000,2790
Rp365.490.000Rp 1.190.000.0000,2325
Rp276.675.000Rp996.000.0000,1938
Rp193.024.800Rp 1.040.000.0000,1615
Rp167.960.000
Total PV
Rp 5.437.610.202
Jika NPV > 0 Usulan proyek diterima ( Positif ) Jika NPV < 0 Usulan proyek ditolak ( Negatif )
Jika NPV = 0 Nilai perusahaan tetap dan perlu pertimbangan lagi
NPV = - Investasi awal (Io)
- Rp 5.437.610.202 - Rp 1.189.600.000
- RP 4.248.010.202
Dengan demikian investasi yang dilakukan dalam pembuatan usaha Toko Buah Impor dapat dikatakan layak karena hasil dari NPV positif yaitu sebesar Rp 4.248.010.202
BAB VII
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
- Penambahan Devisa
Adanya investasi di dalam usaha Toko Busana Muslim membawa dampak terhadap devisa negara Indonesia melalui bea cukai pajak barang ekspor. Pendapatan pemerintah meningkat melalui pajak penghasilan yang harus dibayarakan oleh Toko Busana Muslim.
- Penyerapan tenaga kerja
Usaha Busana muslim memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 27 orang dan memperkecil angka pengangguran di masyarakat.
- Dampak terhadap lingkungan masyarakat
- Adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para karyawan.
- Adanya lowongan lapangan pekerjaan baru
- Dampak terhadap industri lain
- Bagi usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.
- Bagi Pesaing akan berupaya untuk meningkatkan kualitas produksinya.
VIII. KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha toko busana muslim mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Terlebih ketika ada dukungan dari beberapa kebijakan pemerintah yang mengarah pada pemanfaatan sektor ekspor, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan busana muslim untuk menutup aurat, serta tingkat persaingan yang belum terlalu komptetitif, maka kondisi tersebut memberikan peluang yang baik untuk dibidik dijadikan peluang usaha. Peluang tersebut memberikan rasa optimis untuk menjalankan usaha ini.
B. Saran
Dalam menjalankan usaha penjualan busana muslim, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga stabilitas pasokan busana muslim yang berkualitas dan mencari segmen yang tepat. Penentuan lokasi juga menentukan dalam memasarkan busana muslim.
- Pendahuluan
- Latar Belakang
Perkembangan busana dari masa ke masa terbilang pesat. Sudah terbukti bahwa manusia menyukai busana. Hal itulah yang secara tidak langsung menuntut perkembangan busana disetiap masanya. Busana tidak lagi sebatas sebagai pelindung tubuh akan tetapi busana kini menjadi sebuah identitas diri, suatu gaya hidup yang diterima oleh masyarkat umum.
Perkembangan fesyen berjalan selaras dengan kemajuan teknologi. Teknologi memperlancar masuknya arus informasi seputar trend fesyen dunia, begitu pula dalam busana muslim.
Selain perkembangan fesyen yang berasifat kebarat – baratan, busana muslim juga ikut bertransformasi dengan tampil semakin gaya dan up to date. Kini, busana muslim tampil sangat gaya, selain dari sisi cutting & detail ada berbagai permainan aksen lainnnya yang membuat busana muslim ini banyak dilirik oleh kaum hawa.
- Prospek Pasar
Untuk Negara beriklim tropis seperti Indonesia, material kaos dan bahan katun yang sangat nyaman memang pilihan paling rasional untuk dipakai oleh masyarkat Indonesia khususnya kaum wanita,. Tak heran jika animo masyarakat terhadap kaos dan pakaian berbahan katun sangat tinggi. Pasar kaum muslimah Indonesia yang begitu besar membuat bisnis kaos muslimah berprospek cerah namun membutuhkan strategi yang tepat, inovasi dan kreativitas yang tiada henti.
- Manfaat Ekonomi
Dengan mulai diproduksinya baju muslim “Mix N Match” ini diharapkan nantinya akan lebih banyak orang yang dapat dirangkul untuk bekerja baik sebagai bagian produksi, desain, pemasaran maupun sebagai agen di seluruh kota di Indonesia sehingga membantu menambah penghasilan keluarga.
- Manfaat Sosial
Mengolah material kaos membutuhkan kejelian dan keterampilan tersendiri agar kaos bias diterima sebagai baju muslim yang tidak “mencetak” tubuh. Dengan diproduksinya kaos muslimah Mix N Match ini diharapkan akan tercipta baju muslim yang nyaman dipakai, fashionable, menutup sesuai syariat mengikut trend mode tanpa meninggalkan prinsip – prinsip dasar menutup aurat. Bagi para pelaku usaha, kondisi yang perlu diperhatikan adalah mengenai bagaimana daya beli masyarakat di sekitar sehingga bisa memunculkan permintaan dari beberapa penawaran yang dilakukan oleh perusahaan.
- Gambaran Umum Potensi Usaha
Kalau kita mencermati secara lebih mendetail mengenai kondisi perekonomian negara yang kurang stabil, maka apabila kita memposisikan diri sebagai pelaku usaha, maka yang akan telintas pertama kali di benak kita adalah mengenai bagaimana menciptakan sebuah unit usaha bisnis yang prospektif dan menguntungkan dalam jangka pendek dan jangka panjang sebagai tempat untuk melakukan investasi. Pemikiran yang kedua adalah dengan modal yang pas – pasan, produk apa yang akan kita produksi sehingga memunculkan permintaan pasar dan dapat memberikan keuntungan bagi kita. Kiranya pemikiran tersebut pantas muncul ketika kita semua terhimpit pada kondisi ekonomi yang sulit.
Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan analisis mengenai hal – hal yang potensial untuk melakukan usaha agar mampu memberikan manfaat ekonomi bagi kita. Dengan mengetahui bahwa di Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam yang mempunyai Umat Islam terbanyak salah satu bentuk peluang usaha bisnis yang bisa dijalankan adalah dengan mendirikan toko busana Muslimah.
- Aspek Umum dan Organisasi
2.1 Nama Unit Usaha
Unit usaha ini diberi nama Priyanka Busana bergerak dalam usaha dagang penjualan busana muslim dengan kualitas yang baik yang berasal dari produk dalam negeri sendiri
Nama Organisasi : “Priyanka Busana”
Jenis Organisasi : Perusahaan Dagang
Pemilik : Danang Ronggo Sasmito
Alamat : Jl. A. Yani km. 2.5
No. Telp. : 0511-7231970 / 085252975828
2.2 Legalitas Usaha
Dari segi legalitas usaha, unit usaha ini beberapa dokumen badan hukum untuk melaksanakan usaha bisnis sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari karena unit usaha ini skalanya adalah bukan hanya dalam negeri tapi juga ekspor ke luar negeri. Beberapa dokumen hukum yang dimiliki berkaitan dengan aspek hukum adalah :
- Badan Hukum
Untuk usaha ini yaitu berupa PD (Perusahaan Dagang) Karena usaha yang kami lakukan sifatnya merupakan usaha bersama dengan modal bersama dan keuntungan dibagi bersama berdasarkan besarnya investasi dari masing masing pemodal, dimana seluruh aktivitas yang timbul dalam pengelolaan menjadi tanggung jawab bersama.
Selain itu, badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, badan hukumnya merupakan subyek hukum dan kekayaan yang terpisah (modal ).
b. Tanda daftar perusahaan dan Surat ijin usaha
Usaha toko buah impor memiliki ujin usaha dari dinas perindustrian dan perdagangan dan sudah terdaftar sebagai pelaku usaha penjualan komoditas buah impor. Sesuai dengan UUno. 3/1982 ttg Wajib Daftar Perusahaan, Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba.
- NPWP
Sebagai unit bisnis, kami juga mendaftarkan NPWP atas aktiva usaha kami ke Departemen Perpajakan setempat. NPWP merupakan nomer yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.
- Ijin Domisili dan IMB
Karena unit usaha toko busana muslim ini akan didirikan di atas sebidang tanah demi kelancaran usaha maka kami selaku pengusaha juga melakukan perijinan. Selain itu juga kami melakukan perijinan kepada pemerintah daerah setempat untuk ijin domisili, karena nantinya selaha berlangsung beberapa karyawan kami akan ada yang tinggal dan menetap di tempat tersebut.
- Bukti Diri
Unit usaha kami juga mempunyai bukti diri mengenai kepemilikan usaha dan keterangan lain yang berhubungan dengan toko busana muslimah.
2.3 Organisasi
Struktur Organisasi
Uraian Tugas :
- Direktur : Mengawasi, memgontrol & mengevaluasi kegiatan tiap-tiap divisi.
- Perencanaan : Mrencanakan, mendesain, membuat pola busana yang akan diproduksi
- Divisi Produksi : Merealisasi & mengontrol kegiatan produksi, meyortir busana yang tidak sesuai dengan mutu yang telah ditetapkan.
- Divisi Marketing : Membuat & menentukan strategi pasar mencari peluang untuk memasarkan produk.
- Aspek Produksi
- Produk
Produk yang dihasilkan adalah busana muslim berbahan kaos, kaos kombinasi katun, dan bahan lain yang nyaman dipakai. Titik berat busana muslim ini terletak cutting pada modelnya yang casural, nyaman dan dapat dipadu padankan dengan busana yang lain sehingga terlihat trendy tanpa meninggalkan kaidah-kaidah Islam dalam berpakaian.
- Proses Produksi
Skema Alur Proses produksi
Desain Gambar
Pola
Cutting
Jahit
1 Sampel Busana
Tidak Ya
Produksi
- Biaya – biaya
- Biaya Bahan Baku & Bahan Pembantu
Bahan baku utama & bahan pembantu yang diperlukan sesuai dengan rencana produksi 1 tahun:
- NoBahan Baku & PembantuJumlahHarga (Rp)Total (Rp)12345Bahan KaosKain katunBahan baku kain lainBenangRenda
10.000 m10.000 m500 m200 m300 m
10.000 / m13.000 / m15.000 / m500 / bj1000 / m
100.000.000130.000.0007.500.000100.000300.000
Total237.900.000
- Mesin & Peralatan
- Nama Mesin & PeralatanMerkJumlahHarga (Rp)Total (Rp)Mesin JahitMesin ObrasMesin NeciDinamo Listrik
SingerSingerSingerSinger5 Unit2 Unit1 Unit8 Unit2.000.0001.500.0001.500.000500.00010.000.0003.000.0001.500.00040.000.000Total54.500.000
- Tenaga Kerja langsung
- Jenis KegiatanJlh Tenaga KerjaGaji/ BulanTotal / tahunPola & CuttingJahitDistribusi/ PemasaranTenaga lain-lain
4 Orang6 Orang2 Orang2 Orang
Rp 1.000.000,-Rp 1.250.000,-Rp 1.250.000,-Rp 800.000,-
Rp 48.000.000,-Rp 190.000.000,-Rp 30.000.000,-Rp 19.200.000,-
TotalRp 287.200.000,-
- Biaya Umum Pabrik
Biaya untuk menunjukkan kegiatan produksi :
- Jenis Biaya Umum PabrikTotal (Rp)Pemeliharaan Mesin & peralatanSuku Cadang, Bahan BakarListrik, air, telpon, dllPemeliharaan Bangunan
1.000.0001.000.0002.000.0001.000.000Total5.000.000
- Aspek Pemasaran
- Gambaran Umum Pasar
Jenis produk yang dipasarkan adalah Garmen / busana muslim berupa Kebaya / Gamis, tunik, stelan 2 Pieces atau 3 pieces dengan bahan dasar berupa kaos & katun.
- Wilayah Pemasaran
Mencakup seluruh Indonesia terutama kota – kota besar di Indonesia, Malaysia & Brunei Darussalam.
- Sasaran Pembeli (konsumen)
Adalah remaja putri & ibu muda usia 15 tahun s/d 50 tahun dari kelas ekonomi meenngah ke atas. Jumlah konsumen diperkirakan minimal 2 juta orang / tahundengan jumlah kebutuhannya minimal 5 potong/ orang/ tahun sehingga total kebutuhan pertahun mencapai lebih dari 10 juta potong/ tahun.
- Proyeksi Permintaan Selama 5 tahun mendatang
Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan busana muslim semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat terutama umat muslim akan pentingnya menutup aurat. Terlebih dengan ditunjang oleh beragam cara yang mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan busana muslim tersebut.
- TahunProyeksi Permintaan (Unit)201020112012201320142 Juta Potong5 Juta Potong7 Juta Potong10 Juta Potong15 Juta potong
- Penawaran / Pesaing
Jumlah produk sejenis di pasar
- Nama perusahaanKapasitas Produksi (Unit ) / tahunPerusahaan APerusahaan BPerusahaan CPerusahaan D400.000350.000200.000300.000Total Penawaran/Tahun
1.250.000
- Strategi Pemasaran Pesaing
Produk yang dihasilkan oleh pesaing adalah jenis busana muslim berbahan full kaos dengan model Gamis/ abaya panjang, baju kaos panjang & tunik. Bahan yang digunakan lebih tipis sehingga harganya lebih murah (Rp 80.000,- s/d Rp 150.000,).
Ada pula sebagian pesaing memproduksi busana muslim yang terkesan “berat” dengan detail penuh manik-manik (beads) & bahan yang terkesan lebih memprioritaskan unsur estetis sehingga harga jauh lebih mahal (Rp 500.000,- – Rp 1.500.000,-). Jalur penjualan mereka melalui pembukaan outlet – outlet di Mall & melalui internet. Sedangkan promosi dilakukan dengan memasang iklan di majalah-majalah.
- Produk & Strategi Pemasaran Perusahaan
Busana muslim Mix n Match berbahan kaos kombinasi katun yang nyaman dipakai,chic, dan kasual. Aspek pemakaian bahan dan cutting menjadi focus perhatian. Setiap model yang diproduksi terbatas sehingga konsumen merasa lebih ekslusif dan setiap bulan akan muncul 5-10 desain busana muslim baru. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau mulai Rp 200.000,- s/d Rp 500.000,- per potong dan busana yang diproduksi sesuai dengan nama dan bahan yang digunakan bias dipadu padankan dengan pakaian lain.
Jalur penjualan di samping membuka outlet – outlet di beberapa kota besar di Indonesia juga melalui internet dan majalah dengan sistem agen. Tipa-tiap agen akan mendapat potongan harga sampai dengan 35% tergantung jumlah pesanan ditambah keringanan ongkos kirim untuk pembelian produk dengan nilai di atas Rp 10.000.000,- mampu melakukan penawaran yang inovatif untuk menarik pasar.
- Analisis Kelayakan Pemasaran
Dalam melakukan analisis Permintaan, kami menggunakan model
matrik pembobotan berskala 1 – 5. Keterangan :
- Sangat lemah: 1Lemah: 2Sedang: 3Kuat: 4Sangat kuat: 5
No | Item yang dinilai | | Kriteria Penilaian | | ||
| | | | | | |
| | Sangat | Lemah | Sedang | Kuat | Sangat |
| | Lemah | | | | Kuat |
| | | | | | |
1 | SDM | | | | √ | |
2 | Pesaing | | | | √ | |
3 | Konsumen | | | | | √ |
4 | Teknologi | | | | | √ |
5 | Mode/Trend | | | | √ | |
6 | Armada Pemasaran | | | | √ | |
7 | Harga | | | | √ | |
8 | Promosi | | | | √ | |
9 | Distribusi | | | √ | | |
10 | Produk dan Lini Produk | | √ | | | |
11 | Mutu Produk | | | | | √ |
12 | Peraturan Pemerintah | | | √ | | |
13 | Lingkungan Bisnis | | | √ | | |
14 | Ketersediaan Bhn Baku | | | √ | | |
15 | Rencana Pemasaran | | | | √ | |
16 | Penyimpanan Produk | | | | √ | |
17 | Margin Laba | | | | √ | |
18 | Ketersediaan Modal | | | √ | | |
19 | Pangsa Pasar | | | √ | | |
20 | Manajemen Pemasaran | | | | √ | |
| | | | | | |
Total Bobot | 0 | 2 | 18 | 40 | 15 | |
| | | | | | |
Interval = Nilai tertinggi dari interval – Nilai terendah dari interval Jumlah Kelas
= 5 – 1 | |
5 | |
= 0,8 | |
1,00 – 1,80 | = Sangat tidak layak |
1,81 – 2,60 | = Tidak layak |
2,61 – 3,40 | = Sedang |
3,41 – 4,20 | = Layak |
4,21 – 5,00 | = Sangat layak |
Untuk mengetahui layak atau tidaknya dari segi pemasaran maka dapat dicari dengan rumus ;
Kelayakan usaha = Tatal bobot
Jumlah item yang dinilai = 75/20 = 3,75
Berdasarkan hasil yang diperoleh sebesar 3,75 maka usaha toko buah impor dari sisi pemasaran dikatakan layak karena masuk pada range 3,41 – 4,20.
- Analisis Persaingan
Untuk melakukan analisis terhadap kondisi persaingan pada usaha toko busana muslim, maka kami menggunakan analisis Matrik Persaingan, yaitu dengan cara :
- Membandingkan usaha satu dengan usaha lain yang sejenis pada factor persaingannya, semakin bagus maka semakin tinggi skornya. Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5 .
- Dengan membandingkan tingkat kepentingan dari masing – masing factor. Semakin penting, maka skornya semakin tinggi. Skala penilaian yang digunakan adalah skala 1 – 5 .
Tabel Matrik Analisis Tingkat Persaingan
- FaktorPasar
Toko / kios Busana Muslim
Swalayan
Priyanka
Persaingan
ABA.BAB
A.BAB
A.BAB
A.B
Harga23623
643
1245
20
Kualitas32633
945
2045
20
Promosi22434
1245
2045
20
Jasa khusus22433
944
1655
25
Pelayanan23634
1244
1655
25
Suasana12232
654
2055
25
Lokasi22443
1245
2044
16
Kekuatan
32
66
124
151
Relatif
Berdasarkan pada table matrik analisis tingkat persaingan, maka dapat disimpulkan bahwa usaha Priyanka menduduki pada perigkat teratas untuk kekuatan kompetitifnya, sedangkan pesaing yang paling besar adalah swalayan. Kelemahan dari Priyanka terletak pada Lokasi Toko yang kurang menguntungkan dibandingkan dengan lokasi dari swalayan. Oleh karena itu harus ada pembenahan dan evaluasi terhadap lokasi Priyanka agar nantinya mudah dijangkau oleh konsumen.
- Program Pemasaran
- Tingkat pelayanan
Dalam memasarkan busana muslim kami memberikan layanan yang memuaskan melalui layanan pemesanan, delivery, dan kualitas.
- Penetapan harga
Penetapan harga yang akan dilakukan adalah dengan menetapkan harga berdasarkan tingkat keberlangsungan usaha, dimana kami mencari keuntungan yang relative sehingga dapat menjalankan usaha secara kontinyu untuk meningkatkan pangsa pasar.
- Kegiatan promosi
Beberapa kegiatan promosi yang dilakukan adalah dengan melalui promosi di media masa cetak, leaflet dan spanduk, serta siaran di beberapa stasiun rasio lokal, maupun sebagai sponsor kegiatan masyarakat ataupun instansi pemerintah/swasta.
- Kegiatan Distribusi
Untuk kegiatan distribusi, kami menggunakan armada distribusi sendiri.
.
- ASPEK TEKNIS DAN OPERASI
- Rencana Pengembangan
- Evaluasi lokasi
Lokasi yang akan kami pilih untuk mendirikan bangunan sebagai tempat usaha Toko Busana Muslim adalah di Jalan A. Yani Km 2 Banjarmasin.
- Sarana dan prasarana
- Sarana yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah dengan menmanfatkan : AC, Toilet, Meja Kursi, Ruang Ganti, Tempat parkir, kendaraan,dll
- Sedangkan untuk prasarananya kami menggunakan gedung seluas 1500 m2 untuk toko.
- Tenaga ahli dan tenaga biasa
Tenaga ahli yang kami pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha toko kami adalah tenaga ahli pemasaran, keuangn, produksi dan sdm serta teknisi sarana dan prasarana pendukung usaha. Sedangkan untuk tenaga biasa yang kami gunakan adalah wiraniaga, tenaga srabutan / kurir dan bagian cleaning service.
- Bahan – bahan utama
Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan usaha toko buah antara lain : berbagai macam kain dengan kualitas yang baik dan berkualitas.
- Bangunan dan tata letak bangunan
Berkaitan dengan bangunan dan tata letak bangunan, toko busana muslim akan didirikan di atas tanah seluah 1500 m2 dimana luas tanah untuk mendirikan bangunan toko 500 m2, dan 1000m2 untuk tempat parkir. Untuk luas bangunan toko adalah 700 dengan dua lantai. Bentuk bangunan berupa ruangan berlantai 2. Tata letak bangunan antara lain bangunan utama sebagai tempat berjualan, tempat parkir, toko, loby, ruang informasi dan penitipan, toilet.
- Jadwal pelaksanaan
Usaha toko busana muslim akan mulai didirikan pada tanggal 1 Juni 2011 sampai tanggal 10 Desember 2011 untuk kegiatan pembangunan gedung, dan kegiatan operasional penjualan mulai lounching dan diperkenalkan ke masyarakat mulai tanggal 01 Januari 2012.
- Perkiraan biaya teknis dan operasi
Biaya teknis dan operasional diperkirakan mencapai Rp 100.000.000,-
- Rencana Pengoperasian Usaha
- Proses operasi usaha
Prose operasi perusahaan meliputi rencana penjualan, rencana persediaan produk, penjadwalan pegawai dan penggajian, pengawasan kualitas, dan pengawasan biaya penjualan dan pemesanan.
- Kebutuhan bahan operasi
Kebutuhan bahan operasi Toko Busana Muslim dikelola oleh masing masing departemen dan nantinya dikoordinasikan dengan pimpinan mengenai kebutuhn bahan operasi yang meliputi pendanaan, jumlah produk dan kegiatan pemasaran.
- Kegiatan perawatan mesin
Kegiatan perawatan mesin kami menggunakan tenaga ahli sesuai dengan yang diperlukan. Misalnya perawatan Mesin, perawatan kendaraan, perawatan AC. Perawatan dilakukan secara berkala dan berkelanjutan dengan menggunakan tenaga ahli dari mitra kerja kami
- ASPEK KEUANGAN
- Kebutuhan Dana Investasi
- Investasi harga tetap
Investasi ini mencapai Rp 10.400.000,-
- Biaya pra operasi
Biaya pra operasi mencapai Rp 384.600.000,- yang digunakan untuk proses pembelian tanah dan mendirikan bangunan.
- Modal kerja
Modal kerja digunakan untuk membiayai seluruh aktiva lancar yang mencapai Rp 205.000.000,-
Total kebutuhan dana Investasi = Rp 1 M
- Rencana Pembelanjaan dan Sumber Dana
- Modal sendiri
Modal sendiri Rp 900.600.000,-
- Pinjaman bank
Pinjaman dari bank Rp 489.000.000,-
- Rencana Kebutuhan Dana
- Aktiva Tetap
- Tanah 1000m2Rp 250.000.000Bangunan, 700 m2Rp 400.000.000Mesin Jahit , 50 buahRp 120.000.000Sofa, 5 setRp7.000.000Troli, 20 buahRp10.000.000Bahan BakuRp2.000.00.000printing, 3 buahRp1.000.000Komputer dan Mesin lain , 4 buah Rp12.000.000Mobil operasional 1 buahRp60.000.000Motor 2 buahRp24.000.000 +
Jumlah Aktiva Tetap
Rp 884.600.000
- b.Aktiva Lancar
KasRp 155.000.000
DepositoRp 150.000.000
Jumlah Aktiva Lancar
Rp 305.000.000
Total Aktiva
Rp 1.189.600.000
- Proyeksi Keuangan
a. Proyeksi pendapatan
- Pendapatan per hariRp15.000.000Pendapatan per bulanRp420.000.000Pendapatan per tahun
RP 5.040.000.000b. Proyeksi biaya per tahun
Pengadaan buahRp 1.860.000.000Gaji karyawan
-
-1PimpinanRp24.000.000
-4ManajerRp86.000.000
-1Kabag. PelayananRp13.200.000
-10 Pelayan tokoRp108.000.000
-1Kabag. PergudanganRp12.000.000
-2Karyawan gudangRp21.600.000
-3DriverRp25.200.000
-2Clining ServiceRp14.000.000
-2SatpamRp24.000.000
-2Petugas parkirRp13.200.000
-2Tenaga srabutanRp12.000.000
Jumlah gaji karyawanRp353.200.000Biaya listrikRp12.000.000PBB
Rp2.400.000PPn
Rp504.000.000Biaya Telp.Rp4.000.000
- Perlengkapan kebersihanRp1.000.000Dep bangunan gedung 20thRP32.000.000 Dep Komp/Machin Teller 2thRP1.000.000Dep kendaraan 5thRp16.000.000Dep sofa 2thRp3.500.000Dep produksi 3thRp40.000.000Dep troli 5thRp2.000.000Dep Printing 2thRp500.000Dep Dyefing 1thRp1.000.000
Jumlah Biaya
Rp 3.185.800.000
- Proyeksi rugi / laba
Perhitungan laba /rugi yaitu dengan menghitung selisih dari pendapatan dengan pengeluaran.
Laba/Rugi = Pendapatan – Pengeluaran
- Rp 5.040.000.000 – Rp 3.185.800.000
- Rp1.854.200.000
Dengan demikian laba yang diperoleh per tahun dalam penjualan buah adalah sebesar Rp 1.854.200.000
- Proyeksi kemampuan pelunasan hutang
Hutang dilunasi dalam jangka waktu 10 tahun dengan bungan 12 % per tahun.
- Perhitungan kelayakan usaha
1. Dengan metode Payback Periode
Payback Period = Investasi x 1 tahun
Arus Cash Inflow
Arus Cash Flow = EAT + Depresiasi
Aktiva tetap Rp 884.600.000
Depresiasi = Rp 96.000.000 per tahn
= diperoleh dari total depresi
Beban Depresiasi
Keuntungan bersih per tahun = Omset per tahun – biaya
operasional
- Rp 5.040.000.000 – Rp 3.185.800.000 = Rp 1.854.200.000
- Hari kerja per tahun diasumsikan 336 hari
- Misalkan usaha tersebut setelah dikurangi pajak 15 % adalah EAT= 30 %xRp1.854.200.000
EAT= Rp 1.297.940.000
- Dengan Rate of Return
Yaitu dengan membandingkan Rata – rata EAT dengan Rata- rata Investasi
Misalkan pendapatan per tahun adalah sebagai berikut ;
- Tahun
Pendapatan (Rp)
1Rp 1.297.940.0002Rp 1.280.000.0003Rp 1.240.000.0004Rp 1.255.000.0005Rp 1.000.000.0006Rp 1.268.000.0007Rp 1.220.000.0008Rp 1.100.000.0009Rp900.000.00010Rp950.000.000
TotalRp 11.500.940.000
Rata – rata EAT = Rp 1.150.094.000
Rata – rata Investasi Rp 1.189.600.000/2 =Rp 594.800.000 ARR = 1.150.094.000
594.800.000 = 193,3581%
3. Dengan Net Present Value ( NPV )
- EAT + DepresiasiDiskonFaktorPV
20%
Rp 1.393.940.0000,8333
Rp 1.161,570.202Rp 1.376.000.0000,6944
Rp955.494.400Rp 1.336.000.0000,5787
Rp773.143.200Rp 1.351.000.0000,4822
Rp651.452.200Rp 1.090.000.0000,4018
Rp437.962.000Rp 1.358.000.0000,3348
Rp454.658.400Rp 1.310.000.0000,2790
Rp365.490.000Rp 1.190.000.0000,2325
Rp276.675.000Rp996.000.0000,1938
Rp193.024.800Rp 1.040.000.0000,1615
Rp167.960.000
Total PV
Rp 5.437.610.202
Jika NPV > 0 Usulan proyek diterima ( Positif ) Jika NPV < 0 Usulan proyek ditolak ( Negatif )
Jika NPV = 0 Nilai perusahaan tetap dan perlu pertimbangan lagi
NPV = - Investasi awal (Io)
- Rp 5.437.610.202 - Rp 1.189.600.000
- RP 4.248.010.202
Dengan demikian investasi yang dilakukan dalam pembuatan usaha Toko Buah Impor dapat dikatakan layak karena hasil dari NPV positif yaitu sebesar Rp 4.248.010.202
BAB VII
ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL
- Penambahan Devisa
Adanya investasi di dalam usaha Toko Busana Muslim membawa dampak terhadap devisa negara Indonesia melalui bea cukai pajak barang ekspor. Pendapatan pemerintah meningkat melalui pajak penghasilan yang harus dibayarakan oleh Toko Busana Muslim.
- Penyerapan tenaga kerja
Usaha Busana muslim memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 27 orang dan memperkecil angka pengangguran di masyarakat.
- Dampak terhadap lingkungan masyarakat
- Adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para karyawan.
- Adanya lowongan lapangan pekerjaan baru
- Dampak terhadap industri lain
- Bagi usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.
- Bagi Pesaing akan berupaya untuk meningkatkan kualitas produksinya.
VIII. KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha toko busana muslim mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Terlebih ketika ada dukungan dari beberapa kebijakan pemerintah yang mengarah pada pemanfaatan sektor ekspor, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya menggunakan busana muslim untuk menutup aurat, serta tingkat persaingan yang belum terlalu komptetitif, maka kondisi tersebut memberikan peluang yang baik untuk dibidik dijadikan peluang usaha. Peluang tersebut memberikan rasa optimis untuk menjalankan usaha ini.
B. Saran
Dalam menjalankan usaha penjualan busana muslim, yang perlu untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana menjaga stabilitas pasokan busana muslim yang berkualitas dan mencari segmen yang tepat. Penentuan lokasi juga menentukan dalam memasarkan busana muslim.